Sabtu, 30 Desember 2017

TENTANG SISTEM DAN SUBSISTEM





A.     DEFINISI SISTEM
Menurut Gordon B. Davis dalam buku kerangka Sistem Informasi Manajemen (1999 : 67) Sistem dapat abstrak maupun fisik
-          Sebuah sistem abastrak adalah suatu susunan teratur gagasan atau konsepsi yang saling bergantung.
-          Sebuah sistem fisik lebih lanjut dapat didefinisikan melalui contoh-contoh:
Sistem Fisik
Sistem Perederan Darah

Sistem Transportasi

Sistem Komputer

Sistem Sekolah
Jantung dan urat-urat darah yang menggerakkan darah ke seluruh tubuh.
Petugas, mesin, dan organisasi yang menjalankan transportasi barang.
Peralatan yang berfungsi bersama untuk menjalankan pengolahan komputer.
Bangunan, pendidik, petugas administrasi, buku-buku teks dan sebagainya yang berfungsi bersama untuk memberikan pendidikan pada para siswa.

Dapat disimpulkan, sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk
mencapai suatu tujuan tertentu.


B.     DEFINISI SUBSISTEM
Subsistem sebenarnya hanyalah sistem di dalam suatu sistem, ini berarti bahwa
sistem berada pada lebih dari satu tingkat. Sebagai contoh perusahaan perbankan besar semisal Bank BJB, sebagai suatu sistem, Bank BJB di suatu kota pastilah memiliki kantor cabang di tiap kecamatan dan kantor cabang memiliki subsistem, diantaranya bagian keuangan, bagian frontliner, dan lain sebagainya. Masing-masing bagian tersebut merupakan suatu sistem kecil atau subsistem dalam kantor cabang itu sendiri.
 

C.     CIRI-CIRI SISTEM
Menurut Azhar Susanto dalam buku Sistem Informasi Akuntansi ( 2007 : 25 ) ciri-ciri sistem terdiri dari 6 bagian yaitu:
1.    Tujuan Sistem
Tujuan sistem merupakan target atau saran akhir yang ingin dicapai oleh suatu sistem.
2.    Batasan Sistem
Batasan Sistem merupakan garis abstraksi yang memisahkan antara sistem dan lingkungannya.
3.    Subsistem
Subsistem merupakan komponen atau bagian dari suatu sistem, subsistem ini bisa phisik maupun abstrak.
4.    Hubungan Sistem
Hubungan Sistem adalah hubungan yang terjadi antara subsistem dengan subsistem lainnya yang setingkan atau antara subsistem dengan sistem yang lebih besar.
5.    Input-Proses-Output
Input merupakan segala sesuatu yang masuk kedalam suatu sistem.
Proses merupakan perubahan dari input menjaji output.
Output merupakan hasil dari suatu proses yang merupakan tujuan dari keberadaan sistem.
6.    Lingkungan Sistem
Lingkungan sistem adalah factor-faktor diluar sistem yang mempengaruhi sistem.

D.     JENIS-JENIS SISTEM
Menurut Gordon B. Davis dalam buku kerangka Sistem Informasi Manajemen ( 1999 : 72 ) jenis-jenis sistem terdiri dari 3 poin yaitu:
1.      Sistem deterministik dan Probabilistik
Sebuah sistem deterministik beroperasi dalam cara yang dapat diramalkan secara tepat. Interaksi antar bagian –bagian diketahui dengan pasti. Bila seseorang memiliki uraian keadaan sistem pada saat tertentu beserta uraian operasinya, maka keadaan sistem selanjutnya dapat disebutkan secara tepat tanpa kesalahan. Sebagai contoh adalah program komputer yang melaksanakan secara tepat sesuai dengan rangkaian instruksinya.
Sistem probabilistik dapat diuraikan dalam istilah perilaku yang mungkin, tetapi selalu ada sedikit kesalahan atas ramalan terhadap jalannya sistem. Sistem persediaan barang adalah contoh sebuah sistem probabilistik.
2.      Sistem tertutup dan terbuka
Sebuah sistem tertutup dalam fisika didefinisikan sebagai sebuah sistem yang mandiri. Sistem ini tidak bertukar materi, informasi, atau energi dengan lingkungannya. sebagai contoh, sistem dalam manufaktur dirancang untuk mengurangi sedapat mungkin perubahan tak diinginkan dengan lingkungan diluar sistem.
Sistem terbuka mengadakan pertukaran informasi, materi atau energi dengan lingkungannya. Pertukaran dapat meliputi masukan yang acak dan tak tentu. Contoh sistem terbuka adalah sistem biologis manusia dan sistem keorganisasiaan.
3.      Sistem manusia/mesin
Dalam bidang sistem informasi, unsur mesin seperti komputer dan program komputer relatif tertutup dan deterministik. Sedangkan unsur manusia adalah sistem terbuka dan probabilistik.





E.      PENGENDALIAN SISTEM
Kontrol pengoperasian sistem dimaksudkan untuk mencapai efisiensi dan keamanan. Kontrol yang memberikan kontribusi terhadap tujuan ini dapat diklasifikasikan menjadi 5 area : (McLeod,2007,237).
1.      Struktur organisasional Staf pelayanan informasi diorganisir menurut bidang spesialisasi. Analisis,Programmer, dan Personel operasi biasanya dipisahkan dan hanya mengembangkan ketrampilan yang diperlukan untuk area pekerjaannya sendiri.
2.      Kontrol perpustakaan Perpustakaan komputer adalah sama dengan perpustakaan buku, dimana didalamnya ada pustakawan, pengumpulan media, area tempat penyimpanan media dan prosedur untuk menggunakan media tersebut. Yang boleh mengakses perpustakaan media hanyalah pustakawannya.
3.      Pemeliharaan Peralatan Orang yang tugasnya memperbaiki computer yang disebut Customer Engineer (CE) / Field Engineer (FE) / Teknisi Lapangan menjalankan pemeliharaan yang terjadwal/yang tak terjadwal.
4.      Kontrol lingkungan dan keamanan fasilitas Untuk menjaga investasi dibutuhkan kondisi lingkungan yang khusus seperti ruang computer harus bersih keamanan fasilitas yang harus dilakukan dengan penguncian ruang peralatan dan komputer.
5.      Perencanaan disaster
a)    Rencana Keadaan darurat Prioritas utamanya adalah keselamatan tenaga kerja perusahaan
b)   Rencana Backup Menjelaskan bagaimana perusahaan dapat melanjutkan operasinya dari ketika terjadi bencana sampai ia kembali beroperasi secara normal.
c)    Rencana Record Penting Rencana ini mengidentifikasi file data penting & menentukan tempat penyimpanan kopi duplikat.
d)   Rencana Recovery Rencana ini mengidentifikasi sumber-sumber peralatan pengganti, fasilitas komunikasi dan pasokan-pasokan.


RUJUKAN
Davis, Gordon B. 1999. Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: PPM dan PT. Pustaka Binaman Pressindo.
Susanto, Azhar. 2008. Sistem Informasi Akuntansi. Bandung: Lingga Jaya.
Mcleod, Raymond dan Schell. 2007. Sistem Informasi Manajemen. Edisi 9. Jakarta: PT. Index.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar